EVALUASI PELUANG
USAHA BARU
Evaluasi adalah suatu proses dalam
merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan
untuk membuat alternatif-alternatif keputusan.
Pentingnya
evaluasi usaha
1. Mengetahui
posisi usaha anda
2. Mengambil
langkah perbaikan atau pengembangan usaha
3. Mengetahui
kemajuan usaha anda
4. Target
usaha anda selanjutnya.
1.
Penetapan Kelayakan Usaha Baru
Banyak dana telah dikeluarkan di dalam
memulai usaha baru. Banyak pula usaha baru yang mengalami kebangkrutan dalam
satu atau dua tahun dan hanya sedikit saja yang berhasil dalam usahanya. Suatu analisis
kelayakan yang komprehensif dan sistematis hendaknya mampu mengidentifikasi
masalah, dan menunjukkan cara untuk mengendalikan.
2.
Analisa Kelayakan Teknis
Sebelum peluang usaha baru di
implementasikan, dilihat dari aspek teknis perlu dilakukan analisis. Dalam melaksanakan
analisis kelayakan teknis ada 2 langkah yang harus dilakukan yaitu:
1. Identifikasi
spesifikasi teknis penting
2. Uji
coba produk atau jasa untuk menemukan apakah ia memenuhi spesifikasi kinerja
3.
Penilaian Peluang Usaha
Para wirausahawan selalu membutuhkan
informasi dan pengetahuan tentang pasar. Tujuan dari pemasaran adalah memenuhi
permintaan pelanggan. Tujuan dari pemasaran adalah memenuhi permintaan
pelanggan.
Riset pasar adalah pemungpulan,
pencatatan dan analisis secara sistematis, atas informasi yang berkaitan dengan
pemasaran dan jasa. Riset pasar dapat membuat keputusan pemasaran yang lebih
baik. Riset pasar dapat membantu:
1. Menemukan
pasar yang menguntungkan
2. Memilih
produk yang dapat dijual
3. Menentukan
perubahan dalam perilaku konsumen
4. Meningkatkan
teknik-teknik pemasaran yang lebih baik
5. Merencanakan
sasaran yang realistic
4.
Analisa Kelayakan Finansial
Landasan untuk menentukan sumber daya
finansial yang diperlukan untuk tingkat kegiatan tertentu dan laba yang bisa
diharapkan. Kebutuhan finansial dan pengembalian bisa berbeda tergantung pada
pemilihan alternatif yang ada bagi sebagian besar usaha baru. Contoh, komponin
produk baru mungkin perlu di buat dalam ruangan, yang mana hal ini memerlukan
investasi pada mesin produksi dan bangunan. Sebaliknya, pembuatan produk baru
bisa disubkontrakkan pensuplai di luar. Disini pada dasarnya perusahan sebagai
penyimpanan dan operasi pemasaran bisa dilakukan dengan investasi kecil dalam asset
tetap.
Langkah-langkah dalam
analisa kelayakan finansial:
a. Analisa
semua kewajiban finansial dan kebutuhan pengeluaran secara mendetail
b. Proyeksi
sumber daya finansial yang tersedia dan dana-dana yang akan dihasilkan dalam
operasi perusahaan
c. Penting
untuk menentukan secara sistematis aliran masuk, aliran keluar operasional yang
diantisipasi dan aliran kas netto untuk periode waktu tertentu
d. Apakah
ia akan menghasilkan pengembalian pada modal yang diinvestasikan yang memuaskan
5.
Penilaian Kemampuan Organisasional
Setiap bisnis usaha membutuhkan
orang-orang dengan berbagai jenis keterampilan dan bakat untuk bekerja sama
mencapai tujuan organisasional. Hal yang perlu diperhatikan adalah jenis
keterampilan, jenis organisasi dan keterampilan yang dibutuhkan dalam penerapan
usaha baru yang efektif serta keterampilan yang dibutuhkan jika usaha baru
mulai berhasil dan tumbuh. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam
langkah ini, yaitu:
a. Penentuan
kebutuhan personalia dan perencanaan struktur organisasi awal.
b. Perbantingan
kebutuhan dan ketersediaan personalia
6.
Analisa Persaingan
Praktis semua bisnis usaha akan
menghadapi persaingan. Perusahaan baru tidak akan bertahan jika ia tidak
memberikan dan mempertahankan keuntungan persaingan sebagai produk yang bermutu
tinggi, pelayanan yang lebih baik, waktu penyerahan yang lebih singkat, atau
harga yang relative lebih rendah. Jenis keuntungan tersebut menyebabkan mengapa
pelanggan membeli suatu jenis barang keperusahaan tersebut.
Banyak perusahaan baru yang kurang
memperhatikan pemanfaatan dan pengembangan produk yang kompetitif. Usaha baru
harus analisa tekanan persaingan dan tindakan yang akan diambil oleh pesaing
terhadap tekanan tersebut. Analisa ini hendaknya dilakukan terpisah dengan
analisa kelayakan pasar, walaupun masalah-maslah yang dihadapi saling
berhubungan. Setiap bisnis usaha umumnya cenderung menghadapi dua jenis tekanan
persingan:
1. Persaingan
langsung dari produk atau jasa yang identic dengan produk perusahaan itu pada
pasar yang sama
2. Tekanan
tidak langsung dari barang subtitusi pendekatan pragmatis untuk menganalisa
tekanan persaingan dipusatkan pada tiga tugas
a.
Identifikasi persaingan besar potensial
b.
Identifikasi berbagai strategi dan
taktik yang digunakan pesaing dan dampak potensialnya terhadap operasi ventura
yang direncanakan
c.
Identifikasi keuntungan persaingan
tertentu dari ventura yang direncanakan dan pengembangan strategi yang
didasarkan pada penekanan pada keuntungan tersebut.
Kesimpulan
Jadi sebelum memulai usaha baru hal
pertama yang harus dilakukan adalah menganalisa usaha atau mengevaluasi
tersebut apakah usaha tersebut layak untuk dilanjutkan ketahap berikutnya atau
tidak. Tingginya modal usaha menjadikan
perlunya dilakukan penelitian yang
kemprehensif dan sistematis yang nantinya akan menentukan kelayakan dan
kemampuan dalam memperoleh keuntungan dari usaha baru tersebut dalam waktu yang
lama.
DAFTAR PUSTAKA
Aji,
Bonifasius Kuswiratno. 2015. Memulai
usaha itu gampang. Transmedia.
Dinsi,
Valentino. 2012. Satu Keluarga Satu
Pengusaha. Rumah Wirausaha
Nitisusastro,
Mulyadi. 2010. Kewirausahaan dan
manajemen usaha kecil. Alfabeta.
Sebatas info, ini link alternatif sabung ayam digmaan untuk versi handphone tanpa download
BalasHapusLink Sabung ayam digmaan Mobile terima kasih